Kini Blogger Sudah Support Ads.txt

Kini Blogger Sudah Support Ads.txt Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa isu ads.txt ini sudah sampai ke developer Blogger dan mereka berencana akan meng-update-nya di bulan Januari 2018.

Dan ternyata seperti yang telah disampaikan tim Blogger, mereka akhirnya merilis ads.txt di dashboard Blogger tepat pada tanggal 31 Januari 2018 ini.

Anda bisa melihatnya di dashboard >> Setting >> Search Preferences >> Monetization >> Custom ads.txt.

Seperti yang saya katakan pada postingan sebelumnya, ads.txt atau Authorized Digital Sellers adalah konsep inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB) untuk membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Artinya bahwa kita memberikan izin pada pihak tertentu seperti Adsense untuk menjual iklan di situs kita sehingga dapat mencegah invalid activity.

Penggunaan ads.txt ini sebenarnya tidak diharuskan, tetapi direkomendasikan untuk digunakan khususnya bagi penayang AdSense.

Bagi Blogger penayang AdSense, jika Anda ingin mengaktifkan ads.txt, silahkan ikuti langkah berikut:

Silahkan masuk ke di dashboard >> Setting >> Search Preferences >> Monetization >> Custom ads.txt lalu klik edit dan pilih Yes.

Kemudian di kotaknya silahkan simpan kode berikut:


google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Silahkan ganti kode pub-0000000000000000 dengan ID Penayang AdSense Anda lalu Save.

Jika bingung dengan ID Penayang AdSense Anda, silahkan lihat di dashboard Adsense >> Setting >> Account >> Account Information seperti gambar berikut:

Untuk mengecek apakah ads.txt sudah aktif di blog kita, silahkan cek dengan URL berikut:


http://www.domainAnda.com/ads.txt